Gubernur: Jika Disidangkan, Wali Kota Blitar Dibebastugaskan

Blitar – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mempersilahkan polisi meneruskan penyelidikan pelanggaran kampanye yang dilakukan Samanhudi Anwar yang baru saja dilantik menjadi Wali Kota Blitar. Jabatan Samanhudi langsung bisa dilepas begitu perkara tersebut terdaftar di Pengadilan Negeri.

Ditemui usai melantik Samanhudi Anawar dan Purnawan Buchori sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar periode 2010 – 2015 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Blitar, Soekarwo mengatakan pemeriksaan perkara Samanhudi yang dituduh melakukan pelanggaran kampanye akan tetap berjalan. “Meski dilantik perkaranya tetap jalan,” kata Soekarwo, Selasa (3/8).
Hanya saja pemeriksaan terhadap Samanhudi yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Resor Blitar Kota akan lebih sulit. Jika sebelumnya pemeriksaan mantan Ketua DPRD Kota Blitar itu cukup dengan izin Gubernur, saat ini polisi harus meminta izin Menteri Dalam Negeri untuk bisa memeriksa Samanhudi. Hal ini terkait dengan jabatannya sebagai Wali Kota Blitar yang telah ditetapkan mulai hari ini.
Soekarwo berjanji untuk membantu menyelesaikan proses hukum tersebut dengan tidak melakukan intervensi. Bahkan jika perkara tersebut telah mendapatkan nomor register di Pengadilan Negeri Blitar, Gubernur akan langsung mengajukan pembebastugasan Samanhudi kepada Menteri Dalam Negeri. “Saya sendiri yang akan mengajukan pelaksana tugasnya,” kata Soekarwo.
Samanhudi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Resor Blitar Kota atas pelanggaran pasal 116 juncto 119 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah. Bersama pasangannya Purnawan Buchori, keduanya diketahui melakukan kampanye politik di luar jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum. HARI TRI WASONO


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s