Pemkot Blitar Rugikan Negara Rp 210 Juta

KABARBLITAR.com – Akibat tidak melakukan pembayaran pajak dengan benar, Pemerintah Kota Blitar telah mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp210 juta.

Hal ini terungkap saat dilakukannya evaluasi penyelenggaraan administrasi keuangan di jajaran Pemkot Blitar oleh Inspektorat Menurut Kepala Inspektorat Wilayah Kota Blitar, Dra. Rusmiatun 10 persen dari total puluhan SKPD, masih banyak yang melakukan kesalahan penghitungan anggaran.

Dari berbagai kesalahan itu, juga telah mengakibatkan kerugian Negara, diantaranya terdapat sekitar Rp210 juta rupiah pajak yang tidak disetorkan oleh Bendahara masing-masing dari total 79 SKPD di jajaran Pemkot Blitar dengan terjadinya kekeliruan penghitungan mencapai Rp 78 juta.

“Sedangkan sisanya merupakan kelalaian atau keterlambatan dalam melakukan penyetoran pajak,” ujarnya. Sebagai bentuk sanksi administrasi pada petugas yang bersangkutan, kerugian negara yang diakibatkan oleh kekeliruan ini tetap diklaim oleh Pemkot dan mereka harus mengembalikan kekurangan pada Kas Negara.

“Namun bagaimanapun juga secara umum ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Blitar,” jelasnya lagi. Lanjut Rusmiatun, dalam Rapat Koordinasi Pengawasan dan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Tingkat Kota tahun 2009,  aspek pengawasan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari proses manajemen. [htn]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s