4.500 PNS Blitar Berijazah SD-SMA

KABARBLITAR.com – Sebanyak 4.500 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Blitar belum memiliki latar pendidikan yang layak. Sebagai abdi negara pelayan masyarakat, semua PNS bergolongan IA hingga IIIA ini hanya berbekal ijazah setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Akibatnya, kontribusi kerja yang diberikan seringkali tidak optimal. Menurut keterangan Kepala Bidang Pengembangan Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blitar Budi Hartawan, kondisi ini sudah berjalan puluhan tahun.

Untuk membenahi kekurangan tersebut, sebanyak 4.500 PNS dari total 13.127 PNS di Kabupaten Blitar ini diimbau segera menyetarakan pendidikannya sendiri. Sebab, pemerintah daerah tidak pernah mengalokasikan anggaran untuk penyetaraan pendidikan PNS (diploma dan sarjana).

“Usulan penyetaraan untuk diploma dan sarjana yang kita upayakan tidak pernah disetujui,” ujar Budi kepada wartawan, Minggu (31/1/2010).

Dari arsip yang dimiliki BKD, lanjutnya, jumlah PNS yang masih berijazah SMP ini sebanyak 2.000 orang. Sedangkan sisanya berlatar pendidikan sekolah dasar dan SMA.

Mengacu ketentuan saat itu, kata Budi, mereka yang awalnya bekerja sebagai tenaga honorer ini, bisa diangkat menjadi PNS. “Namun sekarang tentunya minimal diploma dan sarjana,” papar Budi.

Budi mencontohkan, Departemen Kesehatan yang membiayai dokter umumnya menjadi dokter spesialis, termasuk lembaga Bappenas yang menyekolahkan pegawainya hingga level S1 dan S2.

Bagi dia, langkah itu seharusnya dilakukan pemerintah daerah. “Karena selain jenjang karir, ini juga berpengaruh pada kinerja,” pungkasnya. (Solichan Arif/Koran SI/lsi)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s