Durian Blitar Paling Lezat se-Jatim

MALANG – Anda penikmat Buah Durian? belum lengkap rasanya bila anda belum mencoba rasa Durian Dugul asal Blitar.

foto: beritajatim.com

Durian Dugul asal Desa Kaweron, Kecamatan Talun, Blitar ini berhasil memenangi kontes durian yang diikuti 20 kota/kabupaten di Jawa Timur yang dikenal memiliki produk unggulan durian.

Durian Dugul asal Blitar ini berhasil menyingkirkan 40 peserta kontes karena rasa, warna dan daging durian yang unggul dibanding empat varietas unggul yang dimiliki Jawa Timur.

Saiful Hosni, Ketua Panitia Kontes mengatakan, tiga pemenang Festival Durian Se-Jawa Timur yang diadakan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Karangploso, Malang, ini akan dibantu untuk mendapatkan rekomendasi dari menteri pertanian sebagai varietas unggul.

Festifal ini diikuti daerah yang merupakan sentra durian yang ada di Jawa Timur, bahkan ada pohon durian yang usianya lebih dari seratus tahun yang dimiliki oleh Mbah Tumbu asal Desa Bendolo, Kabupaten Nganjuk.

Pemenang pertama kontes ini tidakmenyangka kalau durian miliknya memenangi kontes ini, karena durian miliknya ini adalah hasil perkawinan dua jenis durian lokal yang kini sudah berusia 25 tahun.

“Keunggulan Durian Dugul terletak dari banyaknya daging karena bijinya kecil, ditambah rasanya yang manis dengan kandungan alkohol yang cukup banyak sehingga rasa manis dan pahit menjadi satu,” katanya. [Hari Istiawan/har/ted]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s