Warga Kota Blitar Dililit Lintah Darat

KABARBLITAR.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan keprihatinannya karena banyaknya lintah darat yang beroperasi di Kota Blitar. Pemerintah daerah diminta memberikan kemudahan akses kredit murah bagi warga miskin agar tidak menjadi sasaran para lintah darat.

foto: businessweek.com
Keberadaan para lintah darat, menurut Soekarwo, sudah cukup parah. Rata-rata mereka membidik masyarakat miskin yang tak memiliki akses mengajukan pinjaman lunak kepada lembaga keuangan. “Lintah darat di Blitar sangat parah,” kata Soekarwo usai melantik Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Blitar, Selasa (3/8).
Soekarwo menambahkan, kondisi ini diketahui dari hasil investigasi lima anggota tim survei Propinsi Jawa Timur yang diterjunkan ke Kota Blitar sehari sebelum pelantikan. Tim bertugas menginventarisir persoalan di daerah yang harus diselesaikan oleh kepala daerah terpilih.
Pelayanan jasa keuangan berupa kredit murah yang dilakukan Pemerintah Kota Blitar dinilai masih lemah, bahkan lebih lamban dibandingkan lintah darat yang setiap hari bergerilya di tengah masyarakat. Dengan prosedur peminjaman yang mudah dan tidak berbelit-belit, pergerakan uang lintah darat justru lebih pesat dibandingkan bank pemerintah. “Penjual pecel jelas milih mereka dari pada rumit mengajukan kredit ke pemerintah,” ujar Soekarwo.
Kondisi itulah yang membuat angka pengangguran terbuka di Kota Blitar mencapai 8,47 persen, jauh melebihi angka rata-rata Jawa Timur. Demikian pula dengan jumlah rumah tangga miskin di Kota Blitar tahun 2010 yang mencapai 4.208 kepala keluarga, atau 13.188 jiwa.
Salah satu cara untuk menekan angka tersebut, kata Soekarwo adalah mempermudah penyaluran kredit tanpa agunan. Bantuan itu diharapkan bisa menciptakan pengusaha kecil di Kota Blitar dan menekan angka pengangguran.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) dengan jumlah dana Rp 421 Miliar. “Silahkan bekerjasama dengan kami jika memerlukannya,” ucap Soekarwo. HARI TRI WASONO


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s