Pejabat Politik Blitar Divonis Setahun Penjara

KABARBLITAR.com – Pengadilan Negeri Blitar, Jawa Timur menjatuhkan hukuman 12 bulan penjara kepada Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Kabupaten Blitar, Agus Pramono.

Dia terbukti melakukan pungutan liar atas pengurusan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat. Ketua majelis hakim Nurul Hidayati berkeyakinan terdakwa telah melanggar pasal 11 Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Agus Pramono/ZonaBerita

Dalam pemeriksaan di persidangan, terdakwa diketahui menerima uang setoran dari Kepala Kecamatan Garum, Basuki Rahmad sebesar Rp 10,5 juta. “Uang itu adalah pungutan dari para pemohon sertifikat yang seharusnya gratis,” kata Nurul dalam persidangan, Rabu (18/8).

Perbuatan tersebut dilakukan Agus Pramono saat menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan, yang berwenang atas pelaksanaan pengurusan sertifikat tanah gratis. Program yang diluncurkan pada tahun 2007 oleh Badan Pertanahan Nasional ini dilaksanakan di 40 desa di enam kecamatan Kabupaten Blitar.

Masing-masing pemohon sertifikat diminta membayar Rp 195.000 untuk satu petak tanah. Uang tersebut dibagi kepada Kepala Kelurahan, Kepala Kecamatan, dan Agus sendiri. Karena itu selain Agus, Kepala Kelurahan Bence Ahmad Syaikhu dan Kepala Kecamatan Garum Rahmad Basuki turut ditetapkan sebagai tersangka.

Selain menjatuhi hukuman penjara, Agus juga diwajibkan mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 10 juta. Jika tidak mampu mengembalikan, dia wajib mengganti dengan hukuman kurungan selama satu tahun.

Putusan tersebut lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa sebesar 18 bulan penjara. Sementara terdakwa sendiri juga telah menjalani masa tahanan selama delapan bulan.

Kuasa hukum terdakwa Supriarno menilai keputusan tersebut tidak adil. Menurut dia kliennya tidak pernah menikmati uang tersebut karena telah habis dipergunakan oleh lurah dan camat. “Kami akan pertimbangkan putusan itu,” katanya. HARI TRI WASONO



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s