Pemugaran Gebang Rp 200 Miliar

KABARBLITAR.com – – Jika transaksi usai dilakukan dengan para ahli waris,Pemerintah Kota Blitar akan langsung memugar tempat tinggal peninggalan keluarga Proklamator RI Soekarno.

foto: wikipedia

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar akan merombak bagian belakang bangunan yang kesohor dengan nama Istana Gebang. Sebagai museum sejarah, ruangan yang sebelumnya dianggap sakral (khususnya bagian belakang), yang sebelumnya tertutup untuk umum, juga tidak akan luput dari pembongkaran. Sebab, semua konstruksi yang berada di Jalan Raya Sultan Agung, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan itu akan menjadi ruang publik.

Rumah induk akan dibiarkan seperti apa adanya. Pemugaran akan lebih difokuskan di bagian belakang. – Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar

Menurut keterangan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar, untuk mewujudkan konsep museum yang menceritakan perjalanan sejarah pemimpinbangsaBungKarno,Pemkot membutuhkan anggaran sekitar Rp100–Rp200 miliar.

Solusi satu-satunya hanya dengan jalan meminta uluran bantuan pemerintah pusat.Adapun dana yang digelontorkan akan mengacu sistem multi years. “Kami telah berdiskusi secara internal dan akan meminta bantuan pemerintah pusat,“ ujarnya.

Samanhudi berjanji tidak akan mengotak-atik rumah induk. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar ini berikrar membiarkan semua isi ruangan berada di sana, termasuk kamar singgah Bung Karno setiap kali berkunjung ke Blitar dan kamar Ida Ayu Nyoman Rai,ibunda Bung Karno, tidak akan disentuhnya sedikit pun.

“Rumah induk akan dibiarkan seperti apa adanya. Pemugaran akan lebih difokuskan di bagian belakang,“ paparnya. Saat ini di kas daerah Pemkot Blitar tersimpan dana Rp10 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pemkot Blitar dan Pemprov Jatim telah bersepakat “patungan” membeli Istana Gebang dengan harga Rp35 miliar.Pemprov Jatim bertanggung jawab Rp25 miliar dan Pemkot Blitar Rp10 miliar.

Dengan mengubah Istana Gebang menjadi Museum Bung Karno, Samanhudi berniat membuat suguhan paket wisata dengan “selera” proklamator secara penuh. Sebab, tidak hanya koleksi foto, lukisan, buku, perabot , atau pusaka yang ada di Istana Gebang yang akan menjadi menunya. Pemkot Blitar akan berusaha menarik barang-barang yang berkaitan dengan Bung Karno yang selama ini masih tersebar di mana-mana.

“Namun, itu semua masih dalam wacana. Dan kalaupun iya (ditarifkan), tentunya dengan angka yang terjangkau,“ tandasnya. Sementara itu,salah seorang ahli waris Istana Gebang, Aryo Suko Kusumo, 63, berharap besar pembeli Istana Gebang tidak mengubah isi maupun konstruksi bangunan.Aryo berharap semua benda peninggalan Bung Karno maupun Ny Soekarmini Wardojo, tetap terjaga dengan baik. (solichan arif)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s