Pemprov Didesak Kaji Status Wilayah Kelud

KABARBLITAR.com – Kendati sudah reda, sengketa kepemilikan wilayah GunungKelud antara Pemkab Blitar dengan Pemkab Kediri dikhawatirkan bisakembali memanas. Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar Sukamdi meminta Pemkab Blitar melakukan pembahasan denganmenghadirkan Pemprov Jatim, Pemkab Kediri, dan Badan Geologi dan Pemetaan di Bandung.
foto: volcano discovery
“Sebab, sampai saat ini polemik soal Gunung Kelud belum juga selesai,“ ujarnya. Klaim atas wilayah Gunung Kelud menghangat antara PemkabBlitar dengan Pemkab Kediri saat Pemkab Blitar masih dipimpin Bupati Imam Muhadi. Saat itu Kabupaten Kediri menggarap proyek wisata Gunung Kelud dengan kawah sebagai objek utamanya.
Di pihak lain, Kabupaten Blitar juga mulai membuka jalan pintas menuju Gunung Kelud. Kedua pihak saling mengumbarklaim sebagai pemilik di media massa, dibumbui dengan bukti-bukti yang menurut mereka sah.
Sayangnya, keduanya belum pernah duduk bersama membangun kesepakatan.“Karena itu, saya katakan sampai sekarang masalah ini belum tuntas,“ tegas Sukamdi.
Sangat mungkin beberapa bagian gunung setinggi 1.731 meter dari permukaan air laut itu masuk wilayah Kabupaten Kediri atau Kabupaten Blitar. Namun, menurut Sukamdi, semua itu perlu pembuktian.
Sejauh ini politikus dari Partai Demokrat tersebut mengaku belum begitu paham dengan bukti-bukti administratif yang dimiliki Pemkab Blitar. “Persoalannya kami juga memiliki proyek wisata Kelud dengan anggaran lumayan besar,“ tukaasnya.
Sementara menanggapi hal ini Kabag Humas Pemkab Blitar Wiyakto mengatakan, saat ini Pemkab Blitar dalam posisi menunggu hasil negosiasi dan pembicaraan atas sengketa wilayah kepemilikan Gunung Kelud.
Menurut dia, Pemkab tidak perlu menempuh langkah ekstrem seperti melakukan kampanye kepemilikan, termasuk promosi Gunung Kelud sebagai bagian kewilayahan. “Sebab sebagai tetangga, kami tidak ingin bersengketa,“ tuturnya.
Kendati demikian, bukti terkait kepemilikan Kelud, baik sejarah, dokumentasi, hingga foto-foto peta, oleh Pemkab Blitar terus dikumpulkan. Pemkab Blitar pun telah membangun jalan rintisan sejauh 2,5 kilometer dan lebar tiga meter diDesa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari.
Jalan baru ini akan langsung menuju puncak Gunung Kelud. Pemkab Blitar optimistis Gunung Kelud masuk ke wilayahnya. “Kami berharap dalam waktu dekat jalan rintisan ini bisa selesai,“ pungkasnya. (solichan arif)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s