Hari Antikorupsi, Mahasiswa dan LSM Turun Jalan

KABARBLITAR.com – Memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember kemarin, sejumlah Organisasi Mahasiswa dan LSM turun jalan menggelar aksi di Kejaksaan Negeri Blitar, Polres Blitar, DPRD Kabupaten/Kota Blitar dan Pemkot Blitar, Kamis (9/12/2010) kemarin.

ADIKORUPSI – Korupsi merajalela bukan cuma di Kabupaten tetapi juga di Kota Blitar.

Aksi yang digelar mulai pukul 09.30 WIB oleh sejumlah Mahasiswa seperti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi serta beberapa LSM yakni Komite Rakyat Pemberantasan Korupsi (KRPK) diawali dengan mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Blitar.

Di depan Kantor Kejaksaan Negeri Blitar puluhan massa langsung menggelar orasi pemberantasan Korupsi sambil membawa patung tikus sebagai simbol korupsi yang harus dibasmi.

“Korupsi adalah menyengsarakan masyarakat, karena banyak jatah masyarakat yang tak tersalurkan, untuk itu harus dibasmi,” teriak salah satu orator di depan kantor Kejaksaan Negeri Blitar.

Selain itu massa juga menuntut kepada Kejaksaan Negeri Blitar untuk menuntaskan Pekerjaan Rumah (PR) kasus-kasus korupsi yang hingga kini belum jelas di Kabupaten Blitar, diantaranya kasus Ajudikasi yang melibatkan Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Sismiop, Siak, Pengadaan Pupuk Rp1,1 miliar yang melibatkan Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH untuk Kabupaten Blitar.

Sedangkan  untuk Kota Blitar pada kasus Parkir Berlangganan yang tidak ada dasar hukumnya pada tahun 2003-2004 serta kasus insentif japung PBB di DPRD Kota Blitar.

“Dan yang paling buruk, kenapa dari kasus terbesar korupsi APBD Kabupaten Blitar yang telah menjebloskan almarhum mantan Bupati Blitar, Imam Muhadi, mantan Kabag Keuangan, Krisanto dan yang lainnya ke penjara, justru saat itu Herry Noegroho menjabat sebagai Wabup aman-aman saja dengan menerima uang sabanyak Rp 457,5 juta,” kata Koordinator KRPK, M Trianto sambil menunjukkan sejumlah bukti penerimaan Herry Noegroho sebanyak 3 kwitansi.

Beberapa saat setelah dilakukan orasi di depan kantor Kejaksaan, puluhan massa langsung diterima dan disambut oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Blitar, M Riza Wisnu Wardhana dengan memberikan orasi secara langsung kepada puluhan massa.

“Kami juga sepakat untuk melakukan pemberantasan Korupsi, termasuk di Kabupaten dan Kota Blitar. Untuk itu kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meenuntaskan kasus Kosrupsi yang ada di Blitar,” kata M Riza Wisnu Wardhana.

Kemudian puluhan massa ini melanjatkan aksinya di DPRD Kota Blitar, DPRD Kabupaten Blitar dan Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar untuk menggalang dukungan pada peringatan Hari Anti Korupsi. [htn]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s