Janggal, Tender Semen Rp 1,4 M di Blitar

KABARBLITAR.com – Pelaksanaan program bantuan Semen Mandiri senilai Rp 1,454 miliar, dinilai bermasalah dan janggal oleh DPRD Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Pasalnya, proses pengadaan dan spesifikasi barang yang dilelangkan tidak sesuai sehingga dianggap melanggar Keppres No 80 tahun 2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Marhenis Urip Widodo, mengatakan, dari hasil inspeksi mendadak yang dilaksanakan Komisi III bidang Pembangunan DPRD Kabupaten Blitar, cukup mengagetkan.

Hal ini karena dalam rapat kerja dengan Bagian Pembangunan Pemkab Blitar dijelaskan proses program pengadaan Semen Mandiri masih dalam proses retender.

“Namun kenyataanya, sehari setelah rapat kerja, di empat kecamatan sudah ada pengiriman program Semen Mandiri. Ini yang membuat kami heran, masak proses tender baru berjalan kok sudah ada pengiriman barang yang dilelang,” kata Marhaenis.

Selain itu, dalam lelang spek barang yang disyaratkan semen jenis PC (portland cement) namun yang dikirim oleh rekanan ke empat kecamatan jenis PPC (portland pozzolan cement).

Kepala Bagian Pembangunan Kabupaten Blitar, Edi Muljono membantah proses tender pengadaan Semen Mandiri tidak sesuai dengan aturan. Namun, ia mengakui, retender dilakukan karena rekanan yang ada tidak memenuhi syarat.

Pelaksanaan retender telah dilakukan tanggal 12 November 2010. Anggaran pengadaan Semen Mandiri Rp 1,454 miliar untuk 28.951 sak semen yang akan didistribusikan ke 22 kecamatan dengan harga Rp 49.000 /sak. (Amru Muiz)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s