Hampir Seluruh Sumur di Kota Blitar Tercemar Ecoli

KABARBLITAR.com – Hampir seluruh sumur yang tersebar di wilayah pemukiman warga Kota Blitar tercemar bakteri Escherichia Coli (E-Coli).

Bakteri pembawa penyakit diare serta gangguan pencernaan itu menyusup melalui saluran septic tank (pembuangan kotoran) yang berhimpitan dengan sumur.

“Kalau diprosentase sekitar 95 persen sumur yang telah tercemar bakteri ec-oli,” ujar Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan dan Makanan Minuman Dinas Kesehatan Kota Blitar, Suprayogi kepada wartawan, Selasa (14/12/2010).

Sebelumnya, dinas kesehatan telah melakukan pengambilan sampel air pada 100 sumur milik warga yang tersebar di tiga Kecamatan Kota Blitar. Dari kegiatan itu diketahui begitu rapatnya jarak antara sumur dengan pembuangan limbah (septic tank).

Padahal sesuai aturan kesehatan, jarak antara sumber mata air dengan septic tank minimal tujuh meter. “Namun yang terjadi di Kota Blitar, sebagian besar kurang dari jarak minimal,” terang Suprayogi.

Terbatasnya kepemilikan tanah, mengingat pemukiman di Kota Blitar merupakan perkampungan yang padat penduduk, menjadi faktor utama begitu dekatnya mata air dengan pembuangan limbah manusia. Sebagai solusi, dinas mengimbau kepada warga untuk merebus air sumur sebelum dimanfaatkan untuk air minum. “Karena rebusan hingga 100 derajat celcius akan mematikan bakteri,” terangnya.

Himbauan lainya, dinas kesehatan meminta kepada warga untuk membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah yang merupakan bagian dari septic tank. Dengan begitu faeces (kotoran) yang terbuang akan terurai dan lebih ramah lingkungan.

“Ini mungkin menjadi antisipasi yang efektif selain melakukan perebusan air sebelum diminum,” pungkasnya.
(Solichan Arif/Koran SI/teb)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s