Tolak Wapres Mudik, 3 Mahasiswa Ditahan

KABARBLITAR.com – Kepolisian Resor Kota Blitar, Jawa Timur, menahan tiga peserta aksi setelah mereka berunjuk rasa di dekat SMAN I Blitar, Jalan A Yani, lokasi acara reuni Wakil Presiden Boediono.

foto: kompas.com

Koordinator aksi, Ringgo Priyanggono, Sabtu (18/12/2010), mengemukakan, ketiga rekannya yang sempat ditahan itu, antara lain Djoko, Angga, dan Faisal. “Mereka dimasukkan ke kantor polisi Sananwetan. Kami tidak tahu penyebabnya, tetapi yang jelas mereka langsung dibawa petugas,” katanya.

Ia langsung berkoordinasi dengan polisi untuk memastikan agar rekannya segera dibebaskan.  Setelah negosiasi beberapa menit, akhirnya ketiga rekannya itu dibebaskan. Mereka sempat diinterogasi selama 30 menit ke kantor polisi tersebut.

Ringgo mengaku sangat kecewa dengan sikap polisi yang langsung menahan rekannya.  “Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi, untuk itu kami melakukan aksi ini. Tetapi, mengapa teman saya sampai dibawa,” katanya kecewa.

Sekitar 30 mahasiswa dari berbagai elemen berunjuk rasa di depan kampus Universitas Balitar (Unisba) Jalan Imam Bonjol, Kota Blitar.

Mereka mengecam pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta wakilnya, Boediono karena dinilai berpihak pada neoliberal. Selain itu, mereka juga menolak kedatangan Wapres Budiono di Blitar.
Selain orasi, mereka juga membawa berbagai macam selebaran yang isinya kecaman kinerja Presiden dan wakilnya. Aksi itu sempat luput dari pengawasan polisi.

Namun, polisi yang mengetahui hal itu langsung datang ke lokasi kampus. Mereka menyita seluruh spanduk serta selebaran yang isinya kecaman itu.

Kepala Bagian Operasional Polresta Blitar Kompol Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya hanya bertugas mengamankan, tidak ingin dianggap membatasi kebebasan menyampaikan pendapat.

“Kami hanya melakukan tugas. Aksi ini juga dilakukan tanpa izin,” kata Slamet yang baru menjabat menjadi Kabag Ops Polresta Blitar ini.

Wapres Budiono dijadwalkan akan menghadiri acara reuni di SMAN I Blitar hingga Minggu (18/12/2010) besok. Ia menggunakan jalur udara rute Jakarta-Malang, dilanjutkan perjalanan ke Blitar, sekitar 1,5 jam.

Ia direncanakan menginap di hotel tertua di Blitar dengan arsitektur era kolonial, Hotel Tugu di Jalan Merdeka. Wapres ditemani istrinya, Herawati, juga Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono akan berziarah ke makam orangtua di TPU Swangsang, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada malam harinya, wapres akan menghadiri acara reuni di SMAN I Blitar dan pada keesokan harinya mengikuti jalan pagi yang juga dimulai di SMAN I Blitar. Setelah itu, rombongan Wapres kembali ke Jakarta.   kompas.com



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s