Dinas Pendidikan Tidak Lelang Proyek Rp 3,6 Miliar

KABARBLITAR.com – Dinas Pendidikan Kabuppaten Blitar bersikukuh tidak akan melelang proyek senilai total Rp 3,6 miliar. Penegasan tersebut disampaikan terkait sorotan DPRD Kabupaten Blitar beberapa waktu yang menuding penggunaan DAK senilai Rp 3,6 miliar di Dinas Pendidikan untuk proyek pembangunan infrastruktur sekolah tanpa melalui proses tender.
Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan, Legowo, realisasi DAK Rp 3,6 miliar itu untuk pembangunan sarana prasarana sekolah yang penggunaanya dipecah untuk 108 lembaga Sekolah Dasar (SD) dan 15 Sekolah Menengah Atas (SMP).
Untuk SD masing lembaga mendapatkan alokasi dana sekitar Rp 80 juta hingga Rp 90 juta. Sedangkan SMP menerima bantuan dana rata-rata sebesar Rp 116 juta.
Karena alokasi dana infrastruktur sekolah untuk SD bernilai di bawah Rp 100 juta, impementasinya tidak harus melalui proses tender, namun bisa dengan pemilihan langsung oleh panitia pengadaan.
Hal ini, kata Legowo, sesuai Permediknas No 18 dan 19 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis penggunaan DAK serta Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.
Sebaliknya, karena alokasi dana bagi SMP bernilai di atas Rp 100 juta, realisasinya melalui proses tender. Pproyek yang didanai pemerintah pusat itu melibatkan 108 CV untuk SD dan 16 CV untuk SMP.
Sementara proses lelang proyek infrastruktur lembaga SD dan SMP yang didanai DAK ini dilakukan oleh Bagian Pembangunan Kabupaten Blitar. (Humas)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s